Sunday, June 21, 2015

KANJENG SUNAN KUDUS atau JAKFAR SHODIQ

KANJENG SUNAN KUDUS atau JAKFAR SHODIQ


Cerita Sunan Kudus
Pada episode kali ini kami akan mencoba menceritakan asal usul atau kisah tentang kanjeng sunan kudus atau jakfar shodiq, beliau  senopati yang hebat dari kerajaan Demak. saat ia menjabat sebagai senopati, majapahit dapat  ditaklukkannya.
kanjeng sunan kudus bukanlah putra daerah atau asli kelahiran kudus,melainkan Beliau pendatang dari daerah Jipang Ponolan yang merupakan daerah utara Blora. tempaat beliau dilahirkan dan diberi nama Ja’far Shodiq. putraa dari pernikahan Sunan ngudung dengan Syarifah. Sunan Ngudung adalah panglima perang yang tangguh. , beliau  tewas dalam pertempuran demak dan majapahit. Sehingga Ja’far shodiq menggantikan posisi ayahnya. untuk menaklukkan wilayah kerajaan majapahit untuk memperluas kekuasaan demak.
Beliau tidak merasa asing ketika bertanggung jawab sebagai senopati. Karena sejak remaja, beliau selain mempelajari ilmu agama, juga mempelajari ilmu kemasyarakatan, politik, budaya, seni dan perdagangan. beliau juga menimba ilmu kepada Sunan Ampel dan Kiai Telingsing. Sebenarnya nama asli dari kiai telingsing adalah Tai Link Tsing, ia berasal dari China. sebuah negara yang sudah maju pada saat itu.
 alkisah, suatu hari Tai Li Tshing datang bersama laksamana Cheng Hoo. karena laksamana Cheng hoo berlayar dari negeri satu ke negeri lainnya. Di samping itu, laksamana cheng hoo juga mempunyai visi untuk menyebarkan islam di wilayah asia tenggara. Dalam pelayarannya, ia mendarat di pelabuhan Semarang.
Tai Li Tshing ikut serta dalam rombongan Cheng Hoo. Dalam perjalanannya, akhirnya ia sampai di Blora, jawa tengah. lalu beliau mengembangkan dakwah islam di daerah juwana, pati, yang berdekatan dengan blora. Dan Ja’far sodik merupakan murid kesayangan dari Tai Li Tsing. Maka sangat wajar jika Ja’far sodik selain mendapatkan ilmu agama, juga mendapatkan ilmu social dan kemasyarakatan, serta ilmu-ilmu yang lain.
sehingga, ja’far shodiq  senopati kerajaan demak bintoro, bisa  membuktikan kehebatan yang sama dengan ayahnya di medan tempur. beliau berhasil mengembangkan wilayah kerajaan demak ke  arah timur sampai madura, dan arah barat hingga cirebon. Kemudian sukses ini memunculkan cerita kesaktiannya. Misalnya, sebelum perang, Ja’far shodiq diberi badong, semacam rompi, oleh sunan gunung jati. Badong itu dibawahnya berkeliling arena perang.
Dari badong sakti itu, keluarlah juataan tikus yang juga sakti. Kalau dipukul maka tikus itu tidak mati, namun mereka semakin mengamuk sejadi-jadinya. Pasukan majapahit ketakutan sehingga mereka lari tunggang langgang. Ja’far shodiq juga mempunyai sebuah peti, yang bisa mengeluarkan jutaan tawon. Banyak prajurit majapahit yang tewas disengat tawon itu. Pada akhirnya, pemimpin pasukan majapahit, yaitu adipati terung menyerah pada pasukan ja’far shodiq.
 Kesuksesannya bertempur mengalahkan majapahit membuat posisi Ja’far shodiq semakin kuat. beliau meninggalkan demak karena ingin hidup merdeka dan membaktikan seluruh hidupnya untuk kepentingan agama islam. hingga beliau hijrah menuju ke kudus. Namun, kedatangannya di kudus tidak jelas. Ketika ia menginjakkan kaki di kudus, kota itu masih bernama tajug, konon, orang yang mula-mula mengembangkan islam di kota tajug sebelum ja’far shodiq adalah kiai telingsing. Cerita ini menunjukkan bahwa kota itu sudah berkembang sebelum kedatangannya.
Awalnya, ja’far shodiq hidup di tengah jamaah dalam kelompok kecil di tajug. Jamaah itu merupakan para santri yang dibawanya dari demak. Sebenarnya mereka adalah tentara yang ikut bersama ja’far shodiq memerangi majapahit. Setelah jamaahnya semakin banyak ia kemudian membangun masjid sebagai tempat ibadah dan  pusat penyabaran agama. Tempat ibadah yang diyakini dibangun oleh Ja’far shodiq adalah masjid menara kudus yang masih berdiri hingga kini. Masjid ini didirikan pada 956 H yang bertepatan dengan 1549 M.
Kota Tajug pun mendapat nama baru, yakni Quds, yang kemudian berubah menjadi kudus. Kemudian pada akhirnya ja’far shodiq sendiri dikenal dengan sebutan sunan Kuuds. Dalam menyebarkan agama islam, sunan kudus mengikuti gaya sunan kalijaga, yakni menggunakan model “tutwuri handayani”. Artinya, sunan kudus tidak melakukan perlawanan keras, melainkan mengarahkan masyarakat sedikit. Sebab, ia memang banyak berguru pada sunan kalijaga. Cara berdakwah sunan kudus pun yang meniru cara yang dilakukan sunan kalijaga, yaitu menoleransi budaya setempat, bahkan cara penyampaiannya lebih halus. Itu sebabnya para wali menunjuk dirinya untuk berdakwah di kota kudus.
saat itu, masyarakat kudus masih banyak yang menganut agama Hindu. Maka, sunan kudus berusaha memadukan kebiasaan merelakan ke dalam syariat islam secara halus. Misalnya, ia justru menyembelih kerbau bukan sapi ketika hari raya  idul qurban. Itu merupakan dari penghormatan sunan kudus kepada para pengikut Hindu. Sebab, ajaran agama hindu memerintahkan untuk menghormati sapi.
Setelah berhasil menarik umat hindu memeluk agama islam, sunan kudus bermaksud menjaring umat budha untuk memeluk islam juga. Ia memiliki cara yang cukup unik untuk menarik perhatian mereka. Setelah sunan kudus mendirikan masjid, ia membuat padasan  (tempat berwudhu), dengan pancuran berjumlah delapan. Masing-masing pancuran diberi arca di atasnya.
kenapa sunan kudus berstrategi seperti ini? Ternyata, sunan kudus ingin menarik simpati umat Buddha karena dalam ajaran budha terdapat delapan ajaran yang dinamakan asta sanghika marga. Isi  ajaran tersebut adalah seseorang harus memiliki pengetahuan yang benar, mengambil keputusan yang benar, berkata yang benar, bertindak atau berbuat yang benar, hidup dengan cara yang benar, bekerja dengan benar, beribadah dengan benar dan menghayati agama dengan benar.
Akhirnya, usaha itu pun membuahkan asil, sehingga banyak orang yang bergama budha berbondong-bondong memeluk islam. Demikian pula dalam hal adapt istiadat, ia tidak langsung menentang masyarakat yang melenceng dari ajaran islam secara keras. Sebagai contoh, masyarakat sering menambur bunga di perempatan jalan, mengirim sesajen di kuburan yang melenceng dari ajaran islam. Sunan kudus tidak langsung menentang  itu, tetapi ia mengarahkannnya sesuai ajaran islam dengan pelan-pelan. Misalnya, sunan kudus mengarahkan agar sesajen yang berupa makanan diberikan kepada orang yang kelaparan. Ia juga mengajarkan bahwa meminta permohonan bukan kepada ruh, tetapi kepada Allah SWT
Dengan cara yang simpatik tersebut membuat para penganut agama lain bersedia mendengarkan ceramah agama islam dari sunan kudus. Surat Al Baqarah yang dalam bahasa arab berarti sapi, sering dibacakan oleh Sunan Kudus untuk lebih memikat pendengar yang beragama Hindu. Bahkan membangun masjid kudus dengan tidak meninggalkan unsure aristektur Hindu. , bentuk menaranya tetap menyisakan arsitektur gaya hindu. Di antara bekas peninggalan sunan kudus adalah masjid raya kudus yang kemudian dikenal dengan sebutan menara kudus. Di halaman masjid tersebut terdapat sebuah menara kuno yang indah.
Adapun mengenai asal usul nama kudus bahwa sunan kudus pernah pergi naik haji sambil menuntut ilmu di tanah arab, kemudia ia juga mengajar di sana. Konon, masyarakat arab waktu itu terjangkit suatu wabah penyakit yang membahayakan. Dan, penyakit itu mereda berkat jasa sunan kudus. Karena itu, seorang pejabat setempat berkenan untuk memberikan sebuah hadiah kepadanya. Tetapi ia menolaknya dan hanya meminta sebuah batu sebagai kenang-kenangan. Menurut suatu cerita, batu tersebut berasal dari kota baitul Maqdis atau jarusalem. Maka, untuk memepringati kota tempat ja’far shodiq hidup dan tinggal, kemudian ia memberinya nama kudus. Bahkan, menara yang terdapat di depan masjid pun menjadi terkenal dengan sebutan menara kudus.
Kebiasaan unik sunan kudus dalam berdakwah, yakni ia selalu mengadakan acara bedug dandangan. Acara ini merupakan kegiatan menunggu kedatangan bulan ramadhan. Ia menabuh beduk bertalu-talu untuk mengundang para jmaah ke masjid. Ia pun mengumumkan hari pertama puasa setelah jamaah berkumpul di masjid.
Sekarang ini, cara dandangan masih berlangsung tapi sudah jauh aslinya. Banyak orang datang ke masjid menjelang ramadhan. Tetapi, mereka bukan hendak mendengarkan pengumuman awal puasa. Mereka hanya membeli berbagai makanan yang dijajakan para pedagangan musiman. Sunan kudus sendiri wafat dan dimakamkan di sebelah barat masjid jami’ kudus. Jika orang memandang menara masjid kudus ada yang lain, aneh, dan artistik, mereka pasti akan segera teringat pada pendidirinya, yaitu sunan kudus.
begitulah sekelumit cerita tentang kisah kanjeng sunan kudus atau jakfar shodiq,semoga bermanfaat bagi pembaca dapat diambil hikmahnya,
sangat dibutuhkan kritik dan saran dari pembaca untuk kelengkapan cerita kanjeng sunan kudus.
akhirnya kami ucapkan terima kasih telah mengunjungi blog kami.


No comments:

Post a Comment